Selasa, 08 April 2014

Bisnis Kambing





1. Customer Segment
    Mungkin hanya orang - orang pedesaan yang menjadikan kambing sebagai satu-satunya penopang kebutuhan hidup. Terutama menjelang hari raya idul adha dimana harga kambing berlipat ganda. Orang - orang perkotaan banyak yang lebih memilih bisnis property atau tanah daripada bisnis kambing. Jangan hanya berpikir tentang kotor dan jorok pada kambing, kali ini kami akan mengubah pandangan anda bahwa bisnis ternak kambing itu sangat prospek.

2. Value Proposition
    Produksi kambing sangat singkat dan mudah. Dalam usia 8 bulan seekor kambing sudah dapat diperah susu nya dan diolah. Sedangkat untuk pedaging, usia satu tahun sudah dapat disembelih dan dipasarkan dagingnya. Rata - rata produksi susu kambing perah adalah 20 liter per ekor. Sedangkan daging masih harus menghitung umur kambing dahulu sebelum dipasarkan dagingnya. Seekor kambing etawa berusia 6 bulan lebih dengan tinggi 60cm dapat dijual dengan harga 1 juta rupiah. Pejantan super usia delapan bulan dapat dijual seharga 1,5 juta rupiah. Sedangkan etawa berusia diatas satu tahun dapat dipatok harga 2,5 juta rupiah. Puncaknya pada usia siap kawin, seekor kambing dengan tinggi 95 cm dapat menembus harga 5 juta rupiah per ekor.

3. Revenue Stream
    Untuk hari raya idul adha saja bisa dipastikan jutaan kambing laris diburu masyarakat. Pasar permintaan daging kambing juga masih terbuka lebar. Selain itu susu dan kotoran kambing juga dapat dipasarkan dalam bentuk susu kambing dan pupuk kandang. Bahkan banyak pula yang baru setahun menekuni usaha ternak kambing hasilnya sudah kentara. Seorang peternak besar bahkan berani berinvestasi sebesar 300 juta rupiah untuk membeli kambing unggulan. Diantaranya kambing etawa, boer dan kabing sanen. Tentunya tidak semua dipasarkan sebagai pedaging, hanya etawa jantan dan boer. Jenis etawa betina dan sanen dipasarkan dalam bentuk susu kambing.

4. Chanel
    Tidak perlu mempunyai banyak chanel, cukup kita mempunyai kandang kambing yang layak juaga, dan juga bisa ikut lomba jika tidak ada subhat di dalam lomba tersebut, dengan mengikutkan kambing pada kontes kambing, selain dapat mendongkrak nama kita dalam bisnis kambing, harga kambing pun dapat terangkat dan diincar banyak orang.

5. Customer Relationship
    Agar menarik konsumen dan pelanggan kami insyaAllah menghasilkan kambing-kambing berkualitas dan sehat, dengan perawatan yang baik dan pengawasan intensif dari dinas peternakan, kita dapat menjaga kualitas kambing kita. Jangan main - main dalam bisnis ternak kambing. Dalam hal pemberian pakan pun perlu kita jaga. Bukan sembarang daun dan tumbuhan bisa kita berikan. Kebanyakan para peternak kelas atas menggunakan daun mahoni dan ampas tahu sebagai pakan. Jika kita kesulitan kita bisa berkonsultasi dengan dinas peternakan setempat. Bila perlu kita panggil dokter hewan setiap bulan untuk mengecek kesehatan dan pertumbuhan kambing kita. Bisnis kambing memang gampang - gampang susah. Bagi pemula diperlukan ketelatenan dan kesabaran untuk dapat berhasil. 

6. Key Resource
    Diperlukan juga hitung - hitungan yang matang sebelum menekuni bisnis ini. Dengan serius dalam ternak kambing, kita juga dapat berpartisipasi aktif dalam membentuk sentra peternakan kambing di tiap - tiap daerah dan nama kita akan semakin berkibar nantinya.

7. Key Activities
    Bisa dipastikan tiap - tiap gang di kota anda pasti berjejer penjual sate kambing. Belum lagi restoran - restoran dan hotel yang secara kontinyu menggunakan kanbing sebagai menu andalannya. Jadi bisa dipastikan bahwa kambing pun tidak pernah kehilangan pasarnya walau tidak dalam suasana hari raya qurban. Tinggal bagaimana kita beternak kambing sebaik mungkin sehingga kualitas kambing kita diakui oleh para penampung.

8. Key Partner
    Banyak partner dalam bisnis ini diantaranya, teman yang telah lebih dahulu terjun dalam bisnis ini, dapat membagi ilmunya yang bermanfaat.

9. Cost
    Modal (faktor produksi) / 10 ekor kambing:
Bibit (anak kambing) = Rp 2.000.000/ 10 ekor
Kandang dan peralatannya = Rp. 3.000.000 (kandang kambing sederhana)
Pakan hijauan = Rp 60.000/ bulan
Pakan konsentrat = Rp. 120.000/ bulan
Upah tenaga kerja = Rp. 600.000/ bulan

Total pengeluaran bulan pertama= Rp. 5.780.000
Total pengeluaran 8 bulan berikutnya = 8 x 780.000 = 6.240.000
Total pengeluaran selama 9 bulan = Rp. 12.020.000

Harga jual kambing saat ini = Rp. 1.300.000 (harga minimal kambing dewasa umur 9 bulan)

Pendapatan dari penjualan kambing = 10 x Rp. 1.300.000 = Rp.13.000.000

Keuntungan yang didapat di periode I= Rp. 980.000 (hanya dari penjualan kambing dewasa) 

Dari perhitungan sederhana diatas dapat kita simpulkan bahwa dengan memelihara 10 ekor kambing seorang peternak dapa memperoleh laba sebesar Rp 980.000/ 9 bulan. Perhitungan tersebut dengan asumsi kita tidak memperoleh anak kambing dari peternakan tersebut, asumsi ini memang jarang terjadi sebab biasanya 1 ekor kambing betina dewasa akan menghasilkan anak minimal 1 ekor per tahun. Pada periode berikutnya biasanya modal yang dikeluarkan akan semakin berkurang sebab biaya kandang tidak dikeluarkan lagi. 

Hitung-hitung Analisa diatas hanyalah analisa secara kasar dan sederhana saja, jika kita analisis lebih mendalam maka akan ada sumber pendapatan lain seperti kotoran kambing dan anak kambing yang dihasilkan. Jadi jangan langsung putus asa dengan melihat angka-angka pada perhitungan laba rugi di atas sebab ada beberapa faktor produksi yang bisa dioptimalkan lagi, seperti biaya tenaga kerja, jika tenaga kerja tersebut adalah anda sendiri maka biaya itu bisa dihilangkan, hijaun makanan ternak juga bisa dihilangkan bial anda menanam atau menyabitnya sendiri.
Semoga Bermanfaat
Wassalamu'alaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar